#30daysblogging Surviving Singapore


Day 15

Post is an idea from Rinta Dita, Si males mandi.

Hey ho! I finally have the time to unwind and open my blog today. It’s been a very hectic day at work and it’s such a coincidence that we’re gonna talk about working and surviving in Singapore.

Gue bakal tulis dalam bahasa Indo karena mungkin lebih enak nyablak nya kali yaaa.

I must thank Rin-Dit to give this topic so I can finally write it because actually a lot of people have asked me about this and ask me to write some tips of working/surviving in Spore, but I guess I’ve been too lazy. Now that I have a challenge, everything is easier. Hahaha. So competitive, LOL.

First of all, kerja dan tinggal di luar negeri itu selalu terdengar enak. Apalagi dengan iming-iming bayaran dollar, rasanya nggak pake pikir dua kali, pengen langsung sabet aja tuh kesempatan. Let me tell you first. Nggak semua orang bisa sruvive kerja di luar negeri, sebutlah USA, Canada, Australia and Singapore. Gue sebut empat negara ini karena empat negara ini paling mungkin didatengin sama foreigner dari Indo untuk kerja. I mean, bener-bener didatengin untuk tujuan cari kerja yah. Kalau cuma mau tinggal di luar negeri untuk jadi ibu rumah tangga dengan cara cari suami bule, gue nggak bisa kasih tips. Ini totally tujuannya cari kerja dan tinggal sendiri (SINGLE).

Gue gak tau teknisnya gimana untuk kerja di tiga negara lain di atas tapi kalo buat Singapore, gue lumayan expert (karena ini kerjaan sehari2 gue). You have to be at least bachelor degree from an Indonesian well-known University, atau kalo kamu lulusan US/Aussie/UK yah lebih enak lagi lah. Terus apa lagi? Nggak ada. Yang penting lo punya degree, sisanya tinggal urusan lo sama yang diatas, alian LUCK. Yes, we need luck.

Step by step applying jobs in Singapore

  1. Have a degree, a passport (of course, duh?!) and a fearless gut.
  2. Apply jobs online di jobsdb dan website2 serupa. Kalo bisa lo taruh alamat dan nomor telepon Singapore. Kalo lo masih di Indo, you can always borrow your friend who lives in Spore.
  3. Interview via skype/interview langsung. Kalo company nya mau ketemu langsung, yah lo beli tiket lah, emang mesti modal dikit ini.
  4. If you finally find a company that wants to hire you, the company will apply for you an employment pass. Employment pass itu ada dua macem: EP dan SP. EP itu nggak pake quota tapi lo harus master degree atau lulusan uni keren atau uni luar negeri lah. SP itu ada quota nya makanya lebih susah, tapi ini buat orang2 lulusan Indo yang punay bachelor degree.
  5. Setelah si company apply employment pass buat elo, lo cuma nunggu dan berdoa sebanyak2nya supaya pass elo di-approve sama MOM (Kementrian Tenaga Kerja).
  6. Kalo nggak di approve, ulangi langkah nomor (1). Kalo di-approve, lo mesti pergi medical check up terus nunggu kartu SP/EP elo di-issue sama MOM. Lo harus submit beberapa dokumen tapi HR dari company lo bakal jelasin semua ke elo. (Nah ini lah kerjaan gue sehari2.)
  7. Setelah kartu SP/EP lo muncul, barulah lo legal untuk kerja di perusahaan itu selama periode 1 tahun/2 tahun. CONGARTS! you’re starting your new adventure!

Jelas nggak tuh penjelasan gue? Singkatnya adalah:

Apply kerja –> Interview –> Diterima kerja –> Apply Employment Pass –> Approval –> A new adventure!

Kalau misalnya Pass lo ditolak, apakah alasannya? Nah jujur aja, gue juga nggak ngerti, kadang gue bisa apply dua orang yang particulars nya hampir sama dan dari Uni yang sama, dengan gaji yang sama, tapi salah satu bisa di-reject. MOM emang punya hak untuk reject elo kerja disini. Makanya, gue bilang LUCK berguna juga disini. Banyak-banyak lah lo beribadah. LOL.

Working in Singapore

Apa iya kerja di Spore itu pace nya cepat dan bikin stress? IYAH. BENER. SUWER DAH. Gue pernah kerja di Bandung, Jakarta dan Singapore. I must say, pace dari tiga kita ini bener-bener beda. Kerja di Bandung itu menyenangkaaaaan banget (atau mungkin dulu gue cinta kerjaan gue) terus di Jakarta gue pernah kerja jadi Jurnalis dan gue komplen karena jam kerjanya terlalu lebay, sekarang disini gue komplen karena boss gue rada gila. Yah, rata-rata boss di Singapore emang rada gila, dalam artian mereka tuh bisa maki-maki elo blak-blak-an di depan elo. Nggak jarang ada adegan nangis2an segala.

Selama gue kerja di indo, gue nggak pernah dimarahin boss, palingan juga dikritik lembut, tapi nggak pernah dimaki. Disini? Udah biasaaaaa.

Terus disini biasanya lembur nya gila-gilaan, khususnya kalo elo adalah salah satu dari: Arsitek, Auditor, IT, Designer. Selamat deh yaaaaaaa!!! Dijamin lembur melulu. Gue pribadi NGGAK PERNAH lembur. Hahahah. pernah lah tapi paling sekali dalam setahun. Hahahah. Sedangkan si Bandi itu termasuk dari kategori occupation di atas jadilah dia tiap hari jadi penunggu kantor, temenan baek sama Pak Satpam.

Disini juga jarang ada maen-maen kayak di Indo. Dulu gue sering banget maen-maen di kantor sama temen-temen kantor gue, malah bisa maen bareng sama Boss pas jam kantor pula!! Disini? JANGAN HARAP!

Intinya, kerja di Spore emang dibayar dollar, tapi kerjanya tuh beneran lebih berat lah, yah kembali lagi ke diri lo lah, lebih demen kayak apa? Kalo gue sih jujur lebih demen kerja di Indo, tapi gue butuh duitnya, gimana dong? (jujur)

Anyway, semua yang gue tulis ini berdasarkan pengalaman dan opini pribadi yah, mungkin ada beberapa temen gue yang cinta mati kerja di Spore. Well… Setiap orang beda-beda yaaa!

Surviving Singapore!

Menanggapi pertanyaan beberapa teman, “Kok lo tahan sih hidup di Spore?”

Gini gini… sebenernya tinggal di luar negeri itu sama halnya kayak traveling. Ketika lo pergi atau tinggal di suatu tempat baru, lo harus adaptasi kan? Kalo lo cuma travel/visit, lo harus adapt dengan cepat tapi cepat ditinggalkan juga. Kalo lo harus tinggal, lo harus adapt pelan-pelan dan diresapi lah.

Gue suka heran sama orang yang pergi traveling terus komen, “Ih gue nggak suka deh ke Kuala Lumpur, abis berantakan dan MRT nya lama, beda banget deh sama Spore. Di spore mah nggak kayak gitu.” (jelas lah ya ini komen dari orang mana.) Gini toh mbak… namanya juga kita traveling yah, kalo lo selalu banding-bandingin, yah lo ga usah pergi kemana-mana… Selamanya aja di Spore, kan enak tuh segala-gala ada. Tujuannya traveling itu kan untuk gain experiences, good ones dan bad ones. Waktu gue ke Halong Bay tuh gue benciiiiii banget! Gue tuh kesel banget karena Halong Bay jelek mampus, sumpah deh semua yang pada bilang bagus dan foto-foto menipu di internet tuh rasanya mau gue maki-maki. Gue sempet banding-bandingin sama Lombok atau Phuket, but then gue sadar, I was wrong. Gue ke Hanoi karena gue mau tau, gue mau gsin experiences, so let it one bad experience, at least sekarang gue bisa ketawain.

Begitu juga dengan tinggal di Spore. Di spore kita nggak bisa punya pembantu (bisa lah, tapi mahal yah bok). Pulang kerja udah malem capek-capek lo masih harus cuci baju, nyetrika, sapu pel lantai, sikat kamar mandi, terus nggak ada yang masakin nasi dan sayur (huaaa! Masakan mama gue.) Belum lagi rasa lonely tinggal sendirian di negeri asing. Beli makanan juga rasanya nggak enak, tapi kalo mau makan di restoran melulu yah bangrkut dong… Kalau mau masak mesti repot ngebersihinnya. Pokoknya tinggal di negara orang itu nggak cuma enak-enak aja. Tapi yah… once kita udah adaptasi dan menerima kenyataan kalo makanan sini emang nggak lebih enak dari makanan Indo, dan menerima kenyataan kalo orang-orang sini tuh selfish nya nggak kira-kira (main terabas terobos di MRT) lama-lama kita nggak misuh-misuh lagi tapi yah just accept it as our new life.

Semua hal itu kan bisa dilihat dari bagusnya atau jeleknya. Kembali lagi ke gimana lo mau liatnya.

Soal bahasa.

Orang Indo ini agak tricky… Mau ngomong melayu sama orang Malay juga agak susah, mau ngomong chinese nggak bisa, so kita cuma bisa bahasa Inggris aja, padahal kalo di hawker/kopitiam gitu pasti mereka demennya nanya pake bahasa Mandarin (apalagi kalo muke gue begini. Sigh.) Terus tiap gue bilang gue nggak bisa bahasa Chinese, mereka pasti look down on me. Muka cina kok nggak bisa bahasa Cina. Murtad.

Dulu yah, gue sering banget nyolotin balik, yeh, elo tinggal di Spore nggak bisa bahasa Melayu?!! Bahasa Nasionalnya apa nyeeet?! Tapi yah sekarang sih udah mulai bisa terima lah… Kadang-kadang suka ngebales si Aunty jualan kopi pake Mandarin juga. Lama-lama bisa karena terbiasa lah.

Soal duit.

Nih yah, pada nanya, sebenernya bisa nabung nggak sih kerja di Spore? Secara kan Spore itu the most expensive city in earth. Jawabnya adalah: BISA. Yah, balik lagi ke lifestyle lo kali yaaa! Kalo lo beli tas LV setiap bulan sih nggak akan bisa nabung, adanya ngutang.

Soal peer pressure.

Menurut gue ya, beban mental paling parah untuk tinggal di Spore sebagai cewek adalah…. PEER PRESSURE. Cewek-cewek sini tuh langsingnya luar biasa. Kayaknya dosa banget kalo gendut disini. Buat orang-orang Spore asli yang udah modern, cewek-ceweknya suka kulit tan, tapi buat para foreigner dari Malaysia dan China dan aunty2 Spore yang jadul, mereka suka kulit putih banget. Jadilah gue selalu kena ocehan dari colleagues gue “Aduh, May… putihin kulit lo dong… Aduh May… kurusin badan dong.” Padahal gue udah ratusan juta kali bilang ke mereka, “I love my skin color just the way it is.” Tapi menurut mereka gue menyedihkan…. SWT BANGET KAN. Awal-awal gue marah-marah melulu kalo pulang ke rumah, sekarang sih gue udah ketawain aja. Ya udah sih, buat elo gue nggak cakep, tapi yang penting buat diri gue sendiri gue merasa cakep. Yeeee!

Soal apa lagi ya?

Gue nggak tahu lagi mau nambahin apa nih… Yah pokoknya survive disini tuh gampang lah asal lo bukan tipe cewek-cewek anak mami yang kemana-mana dianter supir dan nggak bisa naik angkutan umum dan mesti ada pembantu, yang nggak bisa nyuci panci abis makan indomie, yang nggak bisa bersihin kamar sendiri. Kalo kayak gitu sih, yah susah banget boook!!!

Okay then, segitu dulu aja deh yaaa… Maaf ya kalo gue nulis nya kayak nenek-nenek kebakaran jenggot, terus pasti gue langsung publish nggak pake edit lagi, soalnya beneran hari ini sibuk luar biasa. Ini gue paksain ngeblog demi challenge sialan itu. LOL.

If you’re serious to try a new adventure in Singapore, I wish you GOOD LUCK!!! And you can always email me for anything! :)

Cheers,

May, busy bee.

48 thoughts on “#30daysblogging Surviving Singapore

  1. baca paragraf ketiga dr terakhir bikin ciut hahaha
    btw May, bandi tuh org finance kan? :)
    tanya donk prospek org finance di sana bgs ga? dr segi karir n gajinya XP
    lg bingung nih ambil konsen apa, pilihannya finance / stratejik / marketing doank,
    yg plg menunjang karir disini sih katanya finance tp bosen bngt soalny S1 uda accounting *banyakan gaya sok mau nambah ilmu lain ceritanya huahaha* thanks yah :*

    • Hahahaha tau dari mana lo kalo Bandi tuh orang FInance? Dari cerita-cerita kku kalo dia pelit ya? HUWAHAHAHA!
      Prospek anak finance di semua negara berkembang, khususnya Asia, bagus kok. :)
      Hayooo jangan malas belajar!

      • Kyny prnh baca alasan dy ke texas ambil master finance..lupa2 inget haha
        Iyah ntr mw tny2 soal kerjaan bandi detailnya yah :D agk serem sm pressure kerjaan finance X(

  2. Pertamax! Ihiy :lol:

    Kak, lo nakutin gua ya di bagian peer pressure soalnya bulan Mei besok gua bakal ke spore dan gua… agak… CHUBBY.
    *sigh*

    Tp gua emang kepikiran buat tinggal di spore sih ga tau knp hasratnya gede banget, semoga someday kesampaian ;) and thanks for the tips-and-tricks!

  3. waktu itu gw pernah ngelamar sebetulnya gantiin tmn gw jd gw direkomen tmn yah itu kerjaannya ada yg berhub sama lembur salah 1 yg loe tulis diatas pas tmn gw tny bisa dtg interview gak kemari dan nyokap gw gak kasih ijin krn gw udah punya pacar ini mana tmsk salah 1 hal yg gw sesali peluang bener gak dateng 2x hahaha dulu sih gw kepikir gajinya sementara gw disana byk sodara (pho2 gw org sgp asli jd kakak2nya disana semua) anggep bayar sewa ke mrk lbh murah so gw bs nabung byk tp rencana tinggal rencana hihihi

    kendala gw disana gak bisa bhs hokkian oh em ji kl ada yg ngajak ngon gw cengok wakakak walau bisa mandarin tp nggak bisa hokkian kynua berasa gmn yah? Tentu aja diluar bhs inggris

    motif gw kerja di luar selain duit yah pengalamannya hihihi lumayan kan nambah2 ilmu soalnya gw gak berkesempatan kuliah di LN maklum gw lulus sma krismon kasian bonyok kl kirim ke LN itu gw dipaksa ke sgp (takut kan di indo abis rusuh), knp hrs sgp gara2 nyokap lulusan nanyang tp gw nolak *nyesel juga* kok gw jd curhat hihihi coba kl dikirim ke eropa gak nolak deh, tapi mimpi dulu mau gali uang dr mana hahahah

  4. huwaaaa akhirnya rikues akuh diputer *emangnye radio* thanks May, udah nyempetin bikin postingannya*cium2 May* :D

    seems challenging ya hidup di Singapore, apalagi masalah peer pressure. Kalo diinget2 iya juga sih, jarang-jarang banget ketemu cewe gendut disana.

  5. Hahahahaha setujuh!
    Kl boleh gue tambahin, soal security dan transport. Gak usah takut jalan di singapore walau malam-malem, soalnya dulu waktu gue kerja di jkt, bokap nyokap gue bakal nelponin gue kalo gue belum pulang jam 10. Ya jangan jalan sendirian di lorong sepi yg gelap lah…..

  6. Postingan lu ini memicu gue buat nulis post ttg pengalaman g kerja di spore.. walopun cuma sebulan.
    Biar org2 makin meleeeek ya bo ga semua yg judulnya kerja di luar negri itu indah.

  7. Gw sih pengen may adventure di spore…tp maunya 2taon aja…*curang*
    Laki gw smpt training bbrpa bulan di spore may dan bener aja mau sms an aja sulit kakakkkk….dia musti ke toilet utk balas sms pacarnya yg udah merindu stengah mampus. Katanya dikantornya orang ga ada yg ngobrol2 or leha2 deh..kerjaaaaa serius semua. Dan sering lembur slama disana….wlpn begitu gw ttp penasaran pengen tinggal disana

  8. soal bos di Singapore tu bener banget May. Kantor lama pernah hire manager dari Sing. Dan sumpah ye,… beneran ga ada yang suka ama dia. Kalo pinter terus ngoceh-ngoceh maki-maki orang di depan umum sih no problem ye , ini masalahnya dia udah ga bisa kerja cuma bisa omong trus kalo dia ada salah hobbinya lembar batu sebunyi tangann. hahah. kok jadi emosi ya gw? :(

    btw, meski gw dah pengalaman tapi ga dari universitas ternama, gw ga bakal bisa dong ya kerja di Singapore May? *pengendolarnya juganeh*

    • Ember debb!!! Kadang2 mereka tuh sok banget!!! Nganggep diri paling pinter sedunia padahal mah dongo juga!!! Zzz
      Kalo uni lo nggak di-recognize sama MOM lo tetep bisa apply pass nya kok, nanti bisa ditulis option “others” dan tulis sendiri nama Uni nya. Nah di-approve atau nggak itu kembali ke amal ibadah lo. XD

  9. iya intinya manusia itu diciptakan dengan insting untuk beradaptasi ya. jadi pasti bisa aja lah survive… emang kalo tinggal di luar indo harus menurunkan standar karena apa2 jadi mahal ya may…

  10. loe jadi agen aja may!! haha .. agen buat orang indo!!
    btw, di sini nambah kemampuan juga .. kemampuan lari kalo ngejar last bus!!!! ogah bayar taxi kena 50% lagi hahaha .. jadi ga mau skill lari gw nambah hahahahahaha ;D

  11. Ci May… sbenernya penasaran dr dlu… dlu ci may wktu kuliah ambil apa sih? Dan skrg krjanya apa?
    Klo si ko bandi kul nya apa dan krjanya apa skrg? I guess some about architecture things.. tp ga yakin…..haha…

    • Siscaaaaa!!!!
      Aku dulu kuliah jurusan HI (Hubungan International) kerjaannya perang mulut melulu di kelas hahaha, dan kalender sosialnya lebih sumpek daripada kalender akademisnya dan semua kegiatan sosial itu bisa dibuat minta beasiswa pula. HAHAHA. asik ya kuliah gue? XD Sekarang kerja terdampar jadi HRD, dulu pernah jadi guru. :)
      Bandi itu kuliah akuntansi dari S1, S2 sampe skrg ambil lagi CPA hahaha, dia mah muka kalkulator! Skrg dia kerja jadi auditor. :)
      Udah nggak penasaran kan ya? Malem ini bobo yang nyenyak yaaaa

      • ya ampuuuuuun… jadi ternyata dugaan aku selama ini salah…. jadi mayuuuu… hahahah… kirain ada hubungan sama arsitektur2nya gitu.. bahahaha… asik bgt kuliahnya! tapi aktif saat kuliah emg fun… :p

        btw, ga sabar nunggu postingan nanti ttg your wedding!! ^^

  12. gw merasakan apa yang ci may rasakan pas beli makanan di macam kopitiam gt di chinatown.. Gak bisa mandarin gw, cuman agak ngerti apa yang dia bilang, gw cengok aja… trus bales dikit wu khuai *pas ditanya nih mau dijadiin brp duit porsi makanannya… ckckckck,,, mereka males pake inggris apa yah??

    Waktu itu pernah beli nasi padang di foodcourt vivo keknya orang melayu, dilayanin pake bahasa melayu *rasanya ketemu sodara lebai.com wkwkwkwkwk….

  13. Looking down on you just because you can’t speak Chinese? *ambil parang* Mana yang ngomong begituh? Mana? *ngos2an*

    Please deh, orang SG tuh kalo ngomong Mandarin aksen-nya jelek lagi, nadanya datar, ga elegan (ceileh). Seriously. Gue kan dulu sekolah di Taipei, Chinese gue ga bagus2 amat sih, tapi pas gue baru dateng ke sini, gue suer ga ngerti mereka ngomong apaan. Lama2 biasa, tapi imbasnya adalah sekarang gue kalo ngomong Mandarin jadi sama kayak mereka. Sial. =.=

    Kalo masalah kerja sih, maybe tergantung company ya. So far orang2 kantor gue masih hokeh. Ada sih yang nasty, tapi gue bales aja teriak2 di telepon. Ada juga yang ga professional, masa ngomel2 ke gue pake fcuk segala. Gue cuekin aja, masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Satu yang pasti, kerjaan tambah banyak, bayaran tetep2 aje. Hik.

    • Ember, bahasa mandarin mereka nggak ada nadanya. Hahahaha. Tapi at least gue masih lebih bisa ngerti krn gampang, drpd denger orang PRC ngomong gue nggak ngerti sama sekali dahhhh

  14. aduuuh maaaay….elo bener banget tuh soal peer pressure untuk kurus langsing itu. Gue kalo lagi di SG ngerasa yg paling gendut sedunia. Apalagi kalo udah liat cewe2 pake celana pendek dengan kaki sekurus lidinya. Kaki abang becak gue langsung berasa kaya jembatan.

    soal cari kerja, temen2 gue banyak yang pake jurus daftar LPR baru abis itu ke SG cari kerja. Lebih gampang juga dapet kerjanya karena company kan gak harus sponsorin SP or EP buat mereka tapi ya emang harus modal, waktu it sekitar 2000an SGD, kalo pake agent malah bisa sampe 8000(pink sun)

  15. Aku termasuk golongan yang tak tertarik di Singapore. Menjejak di Singapore pun nggak pernah dan nggak minat, apalagi kerja.

    Btw, soal pace kerja, aku suka ngomel sama orang daerah karena mereka lamban banget. Nggak kebayang kalau kerja di luar Indonesia yang jauh lebih cepet, bakalan makin ngamuk sama orang daerah :p

  16. Gw cuma mau bilang kalo gw… belom pernah dimaki2 bos!!! yayayayayayyyy!! hahahahaha…

    Kayanya gw tipe org yg ga bakal tahan kalo dimaki2, pasti gw keluar. Huh. =p

    Sejauh ini gw baru pernah nyobain kerja di MNC waktu internship dan skr di SME tp owners nya foreigners. So far culture di dua tempat ini ga pake maki2an. Kalo temen gw yg kerja di banking sih blg di tpt dia maki2an nya di dept tertentu aja. Hahaha.. Tapi kayanya tergantung company culture juga.. jd susah dibilang.

    Oya trus soal EP/SP waktu itu Robby pas pertama kerja di sini kan juga pake EP, awalnya company cuma mau apply SP (pelit) tp ditolak terus. Pas org HR tanya2 tnyt MOM bilang dia over-qualified utk SP makanya ga dapet (pdhl cm ada bachelor degree dr Indo, tp ya bukan fresh grad sih jd ada work experience & professional qualifications). Pas apply EP lsg dapet. So blessing in disguise sih.. anyway kapan2 lo coba tanya2 aja kalo lo apply buat staff trus ditolak gitu, sapa tau dikasih tau alasannya knp.

  17. Hai2 ikutan nimbrung nih… mau nanya donk sm yg udahh pengalaman hehehe… May jdi kalo ud dj apprv sama mom si perusahaan bakal ksi letter buat med chek ? Trus kita harus ke mom sndiri antrn hsil plus passpor? Kira2 jdi kartu ep nya brp lama yah prosesnya? Mohonn pentujuknyaa yahh 😆😆

    • Hi elvinna, kalo udah di approve sama mom company kamu pasti akan urusin med check kamu kok plus issuance kartu EP nya. Kamu ga keluar uang apa2 semuanya dibiayain company. Jadi kartu Ep nya biasa 3 hari- seminggu nanti akan dianter MOM ke kantor kok. :) pokoknya kalo udah ada approval mah ga usah khawatir, kamu udah legal utk stay di spore. :)

      • Owhhh gtuu hehheee… makasihhh yagg infonyaa tenang kalo gtu hehehhee tinggal nunggu panduan kantor kalo gtu 😜😜

  18. Hai..
    Salam kenal.. Thanks buat sharingnya yg menarik..
    Saya juga ada keinginan utk kerja di S’pore.. Tapi saya khawatir dengan sistem seleksi di sana. Kasih tips and trik donk mulai dari memoles surat lamaran sampai intervew-nya. Pertanyaan2 spt apa yg biasanya diajukan, dll..
    Saya tunggu masukkanya, Sistaa.. ;)

    trims,
    Nuna

  19. Lol bnget dah. . .aq jg di Singapore. Tp jd Pembantu sih. Tp kan caaaantiiiieeeek
    . Ngeeeeek. . Thanks infonya. @nataliayeowang

  20. Hai kak, salam kenal.
    Kak, aku lg mencoba my lucky utk kerja di Spore. Ada yg mau aku tanya.
    Aku ngelamar nya kan di Jkt, perlu ada dokumen yg aku siapin ga seh sbelum ngelamar slain Passport?
    Terus kan, kalo lulusan farmasi (apoteker), prospek kerja disana gmn?
    Mohon bantuan nya ya kak.
    Terima kasih.

  21. Hai kak, salam kenal.
    Kak, mau tanya dunk. Aku lulusan farmasi (apoteker), prospek kerja disana gmn? Aku udah pengalaman 3taun di Jkt.
    Terus perlu ada dokumen ga seh yg perlu aku siapin sbelum ngelamar disana? Slain passport tentu nya, hehee.
    Mohon bantuannya ya kak.
    Thanks.

Leave a Reply

