Kenapa foto prewed penting untuk orang Indonesia?


Setiap kali orang tau gue dan bandi lagi preparing a wedding, pertanyaan paling sering muncul pertama kali bukannya “kapan?” atau “dimana?” bahkan boro-boro bilang “congratulations!” Pertanyaan yang muncul biasanya “prewed dimana?” atau “udah prewed belum?”

Gue pernah nulis kebingungan gue akan foto prewed dan mengapa itu mesti ada, tapi itu ditulis ketika gue belum engaged dan belum tau apa apa soal gini gono nya wedding.

Makin kesini makin sering muncul pertanyaan “prewed dimana?” seakan2 wedding nya dimana itu nggak sepenting prewed nya. Jawaban gue dan Bandi adalah “kita ga prewed” lalu diikuti dengan senyum manis. Tanggapan mereka biasanya “APAAAH??” dengan mata jum-in jum-out ala sinetron Indonesia.

Di kala masa masa slacking gue, gue pun mulai berpikir, kenapa prewed itu segitu pentingnya? Paket wedding di Palembang yang termasuk foto prewed pun harus dirombak karena Bandi request untuk keluarin foto prewed dr paket krn kita emang nggak prewed. Muncul komen menyayangkan dr pihak keluarga kenapa kita gak foto2 prewed dan dicetak di kanvas gede utk ditaruh di entrance gedung. Gue pun berpikir, apa sih foto prewed itu??? Dari mana muncul kata2 prewed?

Kata “prewed” adalah kependekan dari “pre-wedding” yang artinya “masa sebelum pernikahan” yang artinya lagi adalah masa pacaran. Dan foto prewed bisa di-definisikan sebagai “foto-foto semasa pacaran” bener gak tuh, analisa gue?

Mungkin beberapa orang butuh prewed karena semasa pacaran mereka segitu in love with each other nya sehingga kerjaan nya cuma sayang2an aja so mereka jarang foto-foto atau mungkin masa pacaran mereka terlalu singkat. So intinya mereka butuh foto-foto yang representatif untuk ditaruh di wedding mereka, thus they need a professional photographer to capture their lovey-dovey moment.

Kalo lo bilang kata “prewed” di luar negara Indonesia, pasti kaga ada yang ngerti. Sure, di Singapore ada juga foto2 prewed dengan sebutan “wedding photoshot” dan orang amrik nyebutnya “engagement photoshot” so basically it’s only about the difference of the word, intinya sama: foto berdua dengan pose manis/romantis/cute untuk nantinga ditaruh di wedding.

Gunanya apa? Sudah gue jelaskan diatas. Analisa gue sih foto prewed itu gunanya untuk dipamerin di wedding.

Trus kalo gunanya cuma se-simple itu, kenapa gue dan bandi harus bayar mahal2, harus rempong make-up panas2, bawa2 baju bagus dan ganti baju di wc umum, dll?

Kalo emang gunanya cuma buat ditaruh di entrance gedung, gue punya RIBUAN foto berdua sama Bandi!

Lalu, gue mengambil kesimpulan…. Orang indo itu kan gengsi nya tinggi, makanya yang ditanyain itu adalah lokasi prewed nya, “prewed dimana?”

Semakin jauh/mahal si prewed semakin bergengsi lah si penganten. Ya gak? Iyalaaah ngaku ajaaa!

Destination yang populer untuk foto prewed itu biasanya Bali dan Singapore. Gue bisa ngerti kalo BALI emang cantik lah untuk foto2 romantis begitu, tapi kalo Singapore? Romantis dari maneeee siiiihhhh??!! Yah tapi kan yang penting foto prewed nya di luar negeri, masalah romantis mah nomor dua lah.

Sejujurnya gue banyak liat foto-foto prewed yang lokasinya bagus-bagus, gaunnya bagus-bagus tapi ekspresinya nggak ada booook!!! Sebagus-bagus nya semua props dan kamera yang digunain, si foto nggak akan “kena” kalau ekspresi nya maksa. Menurut gue, lokasi, gaun, make-up itu nggak penting. Yang penting ekspresi si kedua pasangan. It’s just my opinion yah.

Anywaaaay, gue juga menarik kesimpulan kalau pasangan calon pengantin ini sebenernya pengen jalan2 romantis berduaan, tapi kan selama pacaran itu “gak enak” jalan2 berdua, ntar diomongin orang, jadilah pake term “mau pergi foto prewed” LOLOLOL. Kidding… Not!

Well, Bandi and I love traveling together since forever and we never give a fuck of what people say. So at least the memories behind the photos aren’t the trouble of changing gowns in the public toilet. :p Yah intinya segala sesuatu yang udah dieksploitasi di Indonesia itu pasti udah banyak udang di balik bakwan nya lahhh!

So, untuk orang2 yang memandang sedih ke arah Bandi dan gue pas kita jawab “kita gak prewed”, tolong jelaskan kenapa gue dan Bandi mesti buang buang duit kalau kami berdua punya stock foto2 kayak gini???

Photo 2-11-13 11 43 27 pm

The movie marathon set me up in the romantic mood.

Another beach photo, which turned out to be dramatic. Taken on November 2012 at Boracay Island, Philippines. Even though the photo is heavily edited nothing is photoshopped. We used self-timer and didn't expect that it would be this good. =)

 

Photo 1-11-13 12 11 35 am

Photo 4-6-10 10 26 48 am

Photo 21-10-13 10 45 53 pm

Photo 23-12-13 10 27 53 am

Photo 16-10-13 7 37 58 pm

 

Photo 16-10-13 7 42 41 pm

tumblr imperfect

Love unconditionally

Lokasi tempat eksotis: checked!

Pose romantis: checked!

Editan luar biasa: checked!

Smokin hot people in the photo: checked!

So yeah, Bandi thought we didn’t need to waste money by doing prewed lahhh. But anyway, jangan diambil serius lah post ini yaaa, gue cuma iseng aja. Nggak ada maksud mau offence orang2 yang foto prewed di Spore. ;)

This post is only for fun bitching.

Bandi and I did our “save the date” photoshoot in Singapore too, come on. Dan kalau mau disebut prewed boleh juga lah. Bandi and I did a photoshot for fun with our lovely friend/photographer. His girlfriend begged us to do prewed photos for fun and if we didn’t do that she wanted to jump off the bridge. So yeah, we did this to save someone’s life. That’s you, Fefe! I saved your life!

I will spill the what-so-called pre-wed photos later on okay?

But for now, let’s just say Bandi and I have already had too many stock of photos to use on our wedding. :p

Cheers,
May, who loves taking photos too much.

66 thoughts on “Kenapa foto prewed penting untuk orang Indonesia?

  1. Waktu gw nikah ngga ada tuh May Prewed foto. Ngga tau sejak kapan hebohnya. Setahu gw sih prewed foto hanya di Indonesia. Kalo di USA mulai 3 tahun lalu ada trend the day after photo & boudoir photo. I doubt these would be trending in Indonesia.

  2. bener ko may…klo dipikir emg buat apa yah buang2 duit buat foto, apalagi harganya kadang g sekolah yak…hehehehe…tapi gueh waktu prewed seneng banget, karna cuma pas dsini sik pacar eh udh jd suami deng, bisa agak berekspresi klo di foto…hahahahahaha

  3. Fotonya bagus2 udah layak banget di pajang di tempat resepsi!!!!! …. salam kenal :)
    Gw waktu itu gak punya foto prewed indoor pk gaun bagus atau wedding gown, byk yg nanya juga hihihi krn gw gak demen indoor tepatnya
    Semoga semua persiapannya lancar yah…

  4. muahahha.. partly bener bngt siii.. prewed itu somehow menentukan seber-gengsi apa keluarga yg mau married-an. ahahah..
    well.. since cowo gw kerja.nya photographer.. apa daya gw harus bilang kalo pre-wed itu penting! muahahahhaa..

  5. Though essentially this post is abracadabra to me (apart from the last paragraph), I love the tender photos .. and because of it’s symbolic value the one on the beach with Bandi carrying you on his back, is the one I can relate to best :-D.

  6. Lha buat apa lagi foto pra nikah kalau udah punya banyak foto keren berduaan gitu mbak? Tapi kalau belum, ya gpp lah pake foto pra nikah. Apalagi kalau saya yg motret hihihi :D itung2 ngasih job tukang foto :D

  7. nyiahahaha! foto2 nya udah cakep bener noh may, hot couple pulak..!bungkus! Namanya juga orang Indo bok latah lah :) Gue jg ga pake prewed,dan pesta nya pun oke oke ajah, seru seru aja kok :D gue sebenernya suka2 aja liat foto prewed orang yg cakep2 kok, cm kalo yg maksa suka gue ketawain, misal: foto prewed di stasiun KA trus make up nya medok banget + baju seksih (mbak mau kemana mbak?) <–sumpah ini ada loh yg foto kaya begini *langsung di defriend sama temen tsb*

    • Buwahahahaha sama pie!!! Tapi aku nggak tega bilang nyaaa! >.<
      Tapi yaj biasanya prewed2 yan bagus2 itu harganya mahal bener deh seriusan. Kalo yg harganya maksa, biasanya fotonya gak terlalu bagus entah kenapa.
      Jis, bitching lo oke juga!!! Hahahahaha toss dl ahhh

  8. Hahaha Mayyy tmn bandi itu namanya fefe ariani bukan??

    Eh btw skr ud bnyk loh di indo yg pajang foto2 pas pacaran beneran di wedding mereka instead of staged prewedding photos.. Oya trus gw berpendapat kita itu ngikutin org2 east asian yg hrs ada prewedding photoshoot. Tp kalo mereka itu asalnya foto2 yg pake gaun pengantin adalah utk dibagiin ke relatives barengan dgn traditional wedding cakes sebagai wedding invitation gitu. Lama2 ada yg combine prewed n honeymoon, or mrk milih sekalian jln2 drpd adain resepsi.. Tp somehow lebih masuk akal sih buat gw..

    Then org barat konsep engagement photoshoot ya utk ngerayain pas engagement nya.. Jd ga pake wedding outfits gitu.. Which also makes sense..

    Sedang yg terjadi di indo is really mostly for ego, utk pamer2… Isn’t it??? Hahahaha…

    Anyway foto2 lo n bandi keren2!!

  9. keknya prewed sama nikahannya sering pada excited prewednya =))
    kkkk kalo pasangannya kaya cc sama ko bandi mah foto2 pas pacaran seru2an malah banyak, yd bisa save banyak di prewednya :p
    sepupu aku yg di Jerman yg nikah ntar akhir taun juga foto prewednya ambil dari world-travelling mereka taon 2012 :D ehehehe

    • Foto2 di atas itu nggak semuanya foto di eropa kok jel. :)
      Ada yg waktu ke Bali dan Boracay. Ada juga yang di Spore, di fotoin temen gue.
      Pas di europe emg bawa tripod sih hehehehe

  10. Gw baca tulisan lo sambil ketawa2. Soalnya gw jg mengalami hal yg sama pas mau nikah. Bahkan bbrp jam sblm nikah ditanyain pny foto prewed g sama WO-nya. Yang panik malah mereka krn gak ad foto sama sekali..sementara yg mau nikah cuek aja jalan2 di hotel. Lagian..nikahan ngapain sih musti ribet ini itu? ya gedung, ya foto, ya blah blah blah yg cuma bwt gengsi doang. Lama2 segala aktivitas konsumsi itu malah mereduksi substansi dari pernikahan itu sendiri *opini gw ya*. whoaa..malah manjang nih..curcol..hehehe. Oh ya..btw congrats ya Mey utk nikahannya. Trias :)

  11. Temen saya sampa keluar duit nyaris 10juta cuma buat pre-wed aja, kalo saya syh mending disimpen buat biaya hidup setelah nikah deh thu duit. Btw fotonya keren-keren banget mbak. Keputusan yang bijak rasanya kalo gag perlu bikin foto pre-wed kalo udah punya foto ciamik gitu.

  12. lho harusnya kalo ada orang yang tanya lu udah prewed atau belum, harusnya lu jawab udah. udah sering malah. gitu dong… :P

    yah intinya gua bilang sih trend foto prewed di indo itu karena moment nya aja. lagi seneng2nya mau siapin wedding, jadi ya foto2 juga. trus akhirnya jatohnya mungkin buat beberapa orang jadi gengsi2an. foto2 prewed nya bukan cuma di dalam negeri atau di negeri2 asia, tapi sampe ke amerika dan eropa segala lho, just untuk foto prewed. keren2 emang hasilnya, tapi kayak yang lu bilang, keren karena view nya keren dan baju2nya keren. tapi ya jelas keliatan banget kalo semuanya di set-up. gak natural gitu. well itu preference sih ya, ada yang suka begitu ya why not. :)

    dulu kita juga foto prewed. yah mostly karena alesannya kita gak punya banyak foto ‘prewed’ kayak lu dan bandi. lha orang kita LDR terus, gimana mau poto2 ya. huahaha. jadi ya poto lah sebelum married. tapi akhirnya juga gak dipajang dan jarang diliat2 lagi. balik lagi emang itu moment nya aja sih. hahahaha.

    sama lah kayak ntar pas hamil, trus pada berbondong2 foto hamil. trus anaknya udah keluar berbondong2 foto studio buat anak nya pas bayi. ya emang intinya mau capture the moment aja. masalah mau foto2 sendiri atau pake fotografer profesional, balik lagi masalah preference. :)

    • Eh bener juga ada foto hamil ntar. Mgkn ntar gue bitching juga hahahaha. Kaga lah menurut gue foto hamil itu masih masuk akal man… Soalnya kan kalo hamil mana mungkin ada stock foto nya, ya gak? Hahahaha

      • maksud gua dalam hal pake foto studio/ hire fotografer gitu. kan bisa aja poto2 sendiri sebenernya… yah sama kayak foto prewed. bisa aja kan pergi jalan2 dan poto2 sendiri kayak lu, tapi ada juga yang sampe maunya hire fotografer gitu. :D

      • yo i… :)
        emang moment2 begini (wedding, pregnancy, kelahiran, ulang tahun) jadi ajang pemasukan dan aji mumpung buat para fotografer. karena orang2 yang ngalamin kan lagi dalam tahap euphoria yang berakibat rela mengeluarkan uang banyak. dengan dalih… cuma seumur hidup sekali (buat yang mau married) atau gak sering2 ini (buat yang hamil) atau cuma setaun sekali (buat yang anaknya ultah). hihihihi.

  13. Gw wkt itu prewed dengan alasan emang kami gak punya foto pacaran! Seriously, gw jg bingung kenapa kita jarang foto. Kalo jalan2 seringnya enjoy the moment aja gak inget moto sampe rumah baru nyesel liat kamera dibawa2 tapi gak dipake haha.. Sampe pas lahiran aja gw harus teriakin laki gw buat moto, kalo gak mah udah deh lupa smua, ckckck

    • Hahahaha mgkn emang lo ga hobby foto mel. Gue merasa skrg juga gue mulai suka lupa foto loh makanya I keep reminding myself jangan lupa dan jangan malas. Kadnag foto2 goyang/blur aja bisa bikin gue inget moment2 nya :)

  14. Iyeeeee!! Setujuh!! Bangeeettt… Aku nikah kmrn ga pake prewed2an. Dan akupun mendapat pandangan ‘kasian bgts sih kalian’ karena bilang ga pake prewed. Katanya, “nanti tamunya bingung mau masuk rumah yg mana kalo ga ada fotonya”
    WTF?!?
    Akhirnya karena keukeuh ga pake foto prewed, foto preparationnya yg dipake. Kan org bali acara nikahnya panjang dan seabrek tuh. Itu aja dipake. Ada cerita, ada momen.
    Tapi… Kalo dipaksa2 disuruh prewed, kyknya aku ga bakalan bikin foto yg manis cute deh. Mau bikin foto pas berantem aja hahahahaha…

    • Hahahaha cinintaaaa!!! Aku bisa bayangin muka kamuuu yang nyolot pas ditanyain prewed. XD
      Sama bangeeettt gue juga dibilangin gitu. Biar mereka tau ini kawinan kamu dan bandi. Swt…..
      Siapa yg suruh undang orang2 yang ga kenal gueeee yeeee

  15. Aku juga waktu merit, foto prewed itu cuma gara-gara pengen dapat 1 foto gede buat dipajang di resepsi dan di kamar tar waktu merit (yah soalnya ini keharusan dari mertua sama nyokap gue…). Trus juga aku foto prewed indoor doang, karena apa? murmercerrrr…hihihi. Kan cuma demi dapetin 1 foto doang, itupun karena udah dipaketin sama orangnya, trus karena kita berdua ga punya foto berdua2an semasa pacaran (yang entah mengapa sama sekali tidak ada) ya udah lah, sekalian buat narsis2an doang. Jujur sih aku foto prewed gara2 narsis doang May. Pengen difoto keren2 gitu, liat aja foto prewed aku ga pake acara mesra2an semua. Paling beberapa doang karena kita udah mati gaya. Tapi yang lainnya ya pengen foto seperti di majalah. Sampai temen-temen juga komen, lo ini prewed apa foto iklan pakaian/sepatu sih? hahahaha…
    Tapi ga bisa dipungkiri kalo bagi orang-orang Indo, prewedding itu termasuk yang penting, bahkan foto prewed lebih penting daripada pas acaranya. Padahal bagi aku sama Ridson sih ya, lebih penting di hari-H nya buat capture the moment. Bahkan foto2 prewed aku cuma berakhir di file foto doang, ga di cetak…kalo orang-orang pada tanya mana album foto prewednya? ya aku liatin aja dari hp doang… ga repot kan ya? hahahahaha…. itupun kalo mereka liat pasti komennya, kok cuma segini doang???

      • Yang dipajang cuma 1 doang, yang ukuran gede gitu. Sisanya cuma jadi file aja. Ga diapa2in. Cuma pas lagi salam2an aku buatin slideshow aja dari foto indoornya. Supaya orang2 ga bosan gitu nunggunya. Itupun aku buat sendiri kok, ga pake bayar orang buatin, kan cuma slideshow aja gampang sih. Hemat pangkal kaya May! hihihihi…

  16. Tanpa fotosession khusus foto2 diatas itu udah kereeeeeen, heehehe
    Sy jg wktu nikah g prewed, yg dipajang itu lukisan karikatur boleh beli di malioboro 100rb doank xixixiixix
    Mahal euy klu hrus prewed, mending duitnya dipake jalan2
    Tp sy slalu suka foto prewed dgn konsep dan hasil yang bagus
    Btw, salam kenal ya may;)

  17. dan kebayaaanggg artis2 yang prewednya gila2an itu, May. Habis duit entah berapa ratus jeti buat baju, lokasi foto dan bayar fotografernya.. eh.. nikah nggak sampe setahun! Ish! Rugiiiiii….! :lol:
    Aku nggak pernah nanyain kalian prewed dimana, kan ya? Haha, buru2 inget2…. LOL
    Btw, jadi kalian nikah di palembang, gitu? Eh, dimana, sih? Aku cuma tahu bulan Juni aja…

  18. ahahhahahahahaha….gue awalnya juga mikir gitu, May….tapi setelah dipikir-pikir, kita minim banget foto-foto masa pacaran karena jarang banget foto-foto sendiri (nyaris gak ada), jadinya…ya….ambil deh sepaket….buat kenang-kenangan…hehehehe

    Foto-foto loe dan Bandi bagus-bagus banget!!! kalo org-org prewed nya cuma 2-3 lokasi, loe sampe keliling dunia ya May..*wink*

  19. Aku pun tak ada poto pre wed :P
    yg ada cuman poto couple pas bantuin tmn bikin portfolio.
    Tapi aku meng encourage org2 untuk poto..supaya make up ku pun laku..hahahah..

  20. waktu itu gua ikut arus mainstream buat foto prewed karena……gratis! hahahaha… kebetulan selera fotografernya sama kayak gua, ga pake gaun2 di outdoor… sementara gua foto prewed di indoor karena…uda masuk paket, sayang kalo ga diambil #gamorugi hahahaha…

  21. Gue juga hampir gak ada prewed! Dan menurut gue prewed berlebihan itu konsep yang aneh! Apalagi kalo sampe prewed pake baju penganten! *bukan gue banget… no offense buat yang prewed pake baju manten*. Makanya begitu akhirnya kita decide ya udah lah prewed, jelas gue ga mau prewed indoor pake gaun2 mewah, dan gue mau lokasi yang berkenan di hati, bukan cuma karena eksotisme semata. Dan gue prewed di…eng ing eng… SEKOLAH GUE!

  22. Mayy.. Foto lo ma Bandi mah dari awal gw baca ni blog, trus liatin ig ga ada yg biasa. Semuaa bener2 keren, kece, dan penuh cinta.. tsahh :D Jadi bener, ngapain bayar mahal2 ut prewed. :)

    Kalo gw sih syukurnya juga punya banyaaakk bgt stok foto berdua Ai. Meski belum sekece kalian :’) Jadi emang dr dulu ga ada plan ut pake foto prewed.. Yahh kecuali kalo ada temen fotografer yg mau fotoin gratis sih gak nolak..hahaha :p Cuman yg bikin gw aneh adalah foto2 yg pake gaun putih.. Nanti pas Hari H udah ga surprise lagi dong yah manten pria nya.. Kan udah pernah liat mempelai nya dgn gaun putih dan make up maksimal..

  23. Haiyo. Tuh foto2 kalian berdua dah cakep2 begitu, ga usah pre-wed lagi ah. Temen gue ada yang habis 25 jeti bo cuman buat pre-wed. Hasilnya emang wagus sih, secara mereka foto-nya di Taiwan, cuman yaaaaa mahal bo.

  24. Ah elo mah ga perlu foto prewed juga udah banyak yang kece May foto2nya berdua Bandi. Tinggal dipajang aja di lokasi wedding, biar pada kagum gitu kan disangkain abis prewed di Europe :P Tapi gue setuju dengan kata Ko Arman, kebanyakan (at least, pendapat gue pribadi) cuma mau captured the moment. Tapi yaaaa masalah hire fotografer ternama atau hanya sekedar jepret2 biasa kayanya balik ke orangnya lagi sih yaa.. :)

  25. I rather save the money to go travelling – which we did :) and we are much happier travelling & seeing the world together than doing ‘awkward pose’ & ‘wasting’ too much money to do a ‘glamour’ shot. Well.. tiap org beda2 sih…. kalo emang butuh 1 foto gede buat pas resepsi, minta tolong aja temen yg pinter foto trus diedit2 sendiri :)
    btw congratz & good luck for the wedding prep!

  26. Hiii. Salaaam kenaall!!
    Mauu iseng nanya aja nih kalo lg travel gitu foto “prewed” nya sapa yang motoin yah? Pake tripodkah or minta tlg stranger lewat buat motoin? *penasaran*

  27. Kalau koleksi potonya kyk pnyamu sih gak usah prewed lagi hihihi, lebih natural malah… Kayaknya ak ada naksir konsep foto dirimu yang lagi di pantai dhe.. 3 foto dengan pose beda, trus di susun rapih pake pigura di dinding… Hihihi… Sama foto” pas lagi Europe trip, emang pose, tempatnya udah pas banget, natural juga…

    Kalau aku pengen punya foto prewed yang biasanya org” Indo pake, hahaha.. Soalnya, pengen aja foto pake baju cakep, muka cakep *di make-up* sama gaya sok” cool… Hahaha.. Klo foto pacaran biasa kan jarang yg gaya” ala prewed.. Kalo ada duid berlebihhhhhhhhhhhhhhhh bangetttttttt pengen juga poto” di LN, bukan gengsi sih soalnya kayak foto di jalan” biasa aja udah cakep aja gtuh tempatnya, atau di tamannya.. *ngarep poto di padang bunga macam di japan ato korea gtuh… Haha….

    • Kadang2 yah Jur, kalo gue pasang timer terus foto kan tuh, justru hasilnya yang pas dilihat pertama biasa aja ehh malah lama2 dilihat jadi bagus. Biasanya gue suka sama foto yang ekspresi mukanya happy dan pas lagi ketawa jadi keinget memori dan perasaannya. Justru kalo foto2 yang di-coregraph gitu malah hasilnya culun hehehe. :p

Leave a Reply

