Hidup pas-pas-an


Hari ini entah kesambet apa, tiba-tiba kepingin nulis pakai Bahasa Indonesia, sekalian berusaha memperbaiki cara penulisan Bahasa Indonesia yang sudah gue abuse habis-habisan di whatsapp dan socmed lainnya. Setidaknya nulis di blog pasti lebih presentable daripada di whatsapp dan teman-temannya itu.

Hari minggu kemarin gue posting satu foto di Path dan di-komen oleh teman gue yang membuat gue mikir, “Hmm… bener juga yah!” lalu jadi kepikiran untuk membahas ini.

Inget nggak kata-kata yang sempet nge-trend jaman dulu?

Paling enak itu hidup pas-pas-an. Pas lagi mau makan ice cream ada, pas lagi mau keluar rumah eh hujan berhenti, pas mau beli playstation 4 eh pas dapet duit, beserta pas-pas-an lainnya.

Bandi sih pasti nggak setuju dengan kata-kata itu, secara dia itu orang yang sangat paranoid dengan gaya hidup pas-pas-an. Bandi adalah tipe orang yang harus selalu punya tabungan minimal. Kalau gue? Gue sih nggak terlalu mikirin uang, bukan karena uangnya kebanyakan, tapi karena justru nggak ada. Haha. Gue merasa nggak ada uang pun gue bisa hidup. Amit-amit deh ya, bukannya mau sompral, tapi gue bener-bener pernah hidup nggak ada uang banget dan tetep survive so gue nggak terlalu mikirin uang lah.

Gara-gara kejadian tiket hilang beberapa hari sebelum berangkat ke Eropa, si Bandi harus ngeluarin extra money yang nggak ada di budget kita. Seumur hidup dia kayaknya baru kali itu angka tabungan dia mencapai batas minimum. Dia langsung keringet dingin. Gimana kalau kita sakit? Gimana kalau tiba-tiba butuh uang? Blah blah blah.

Gue selalu bilang ke dia. Hidup itu jangan suka mikirin hal kayak gitu. Toh kita punya asuransi jadi kalau sakit kan terjamin, kita juga investasi walaupun nggak banyak. Ngapain numpuk-numpukin duit? Bandi bilang “untuk peace of mind.” Yaelah nih anak peace of mind nya sama duit, cina banget deh! Eh ini nggak rasis ya. Hahaha. :p

Intinya, gue dan Bandi punya pemikiran yang sangat-sangat berbeda tentang uang. Tapi itu beberapa tahun lalu lah. Lama-lama kita ketemu di tengah. Bandi jadi nggak terlalu parno lagi dan gue juga lebih berusaha untuk nggak semena-mena sama duit lah. Kayaknya ini adalah adaptasi terberat kita selama pacaran karena kita ingin punya visi yang sama terhadap uang jadi nanti kalau punya anak kita bisa kasih visi yang sama ke si anak tentang bagaimana melihat uang.

Balik lagi ke masalah hilang tiket itu… jadi pas balik dari Eropa kan kita bangkrut dong yah pastinya, tapi karena sudah terlanjur beli tiket ke Bandung yah kita tetep cabut ke Bandung untuk urusin wedding. (Arrghh, duit lagi dah!) Setelah itu kita mikir kayaknya weekend-weekend selanjutnya nggak akan bisa kemana-mana karena nggak ada duit pisan! Dalam seumur hidup gue tinggal di Singapore baru sekali ini kena charge $2 dari Bank karena saldo gue dibawah batas minimal. Hahahaha, dodol abis!

Waktu Catching Fire keluar di bioskop gue pengen banget nonton, secara gue udah nunggu-nunggu banget. Sebenernya beli tiket bioskop masih bisa lah tapi kita baru sadar kalau kita punya dua voucher nonton Gold Class yang pernah kita menangin bulan Mei tahun lalu (pernah gue ceritain di sini) jadilah kita nonton Catching Fire gratisan, nonton di Gold Class pula, yang satu theatre isinya cuma kayak 24 orang aja. Mirip-mirip Premierre nya 21 di Indonesia lah cuma ini versi super enak nya. Gue dan Bandi cuma pernah nonton di Gold Class sekali waktu nonton Les Miserables  itupun juga gratisan (karena Bandi menang 2 voucher Gold Class of being the most loved colleague di kantornya).

Kenapa kita selalu nonton Gold Class gratis? Karena kalo bayar kayaknya nggak sanggup (dan nggak rela) deh. It costs S$76 per pair!!! *nangis darah*

Seminggu kemudian kita pun berencana untuk week-end-an di rumah, meskipun si Bandi ngerayu-rayu gue untuk nonton konser nya Glenn Fredly. Oh ya, FYI si Bandi ini fans beratnya Glenn. Kalau pergi karaoke belum afdol kalau dia nggak nyanyi lagunya Glenn satu album. Hmm, agak lebay sih ya, nggak satu album lah, at least tembang-tembang favorit pasti dinyanyikan. :p

Satu hal lagi… jaman kita masih pacaran mesra dulu (ceilah) kita pertama kali gandengan tangan pas konser nya Glenn Fredly di UnPar Bandung. Uhuy! Makanya ada nilai nostalgia nya lah si mas Glenn untuk kita. Ya ampun, dulu pertama kali digandeng Bandi deg-deg-an nya luar biasa, hampir kena heart attack deh! LOL.

Eh ada satu hal lagi deh… Waktu Bandi kasih gue video di hari proposal gue, videonya pakai soundtrack lagu Glenn yang “Kisah Romantis” makanya gue jadi gimanaaa gitu tiap denger lagu yang ini. *kedip-kedip genit*

Yah intinya si Bandi pengen nonton Glenn lah, tapi kita nggak bisa nonton karena…. MAHAL! Satu tiket harganya $58 yang paling murah. Ya udah deh, karena Bandi sedih gue bilang ke dia, “kamu boleh main bola dua hari berturut-turut deh…” Jadi cara menghibur Bandi cuma ada dua: kasih cewek telanjang atau kasih maen bola. Gampangan kasih yang kedua lah ya.

Sebenernya Bandi hanya gue kasih main bola sekali tiap weekend soalnya kalo dua hari berturut-turut nanti nggak ada waktu pacaran sama gue dong? :p Nggak lah, gue takut dia kecapekan, Dia tuh kalo main bola suka lebay gitu, bisa dua jam non-stop terus biasanya dia pasti pake jatuh-jatuh gitu ala pemain-pemain bola La Liga. Belum lagi jaman musim hujan gini, pulang-pulang ke rumah bawa kotoran!!! Dari ujung rambut sampe ujung jempol lumpur semua!!! Bikin repot aja! Sekarang sih enak udah bisa bersihin sendiri (setelah gue maki-ribuan kali), dulu mah cuma dilempar aja seenaknya.

Dulu Bandi pernah ngomong, “nggak sabar pengen buru-buru punya anak cowok…” sambil nyikat sepatu lumpurnya.

Gue tanya, “kenapa? Biar bisa diajak main bola bareng?”

“Biar bisa diajarin sikat sepatu.” MWAHAHAHAHA!!!

Anyway, tadi ceritanya sampai mana ya? Kok jadi belok-belok gini. Maaf gue emang susah fokus, apalagi kalo sambil browsing-browsing foto topless nya Cristiano Ronaldo. *lho?*

Jadi hari kamis kemarin dia udah siap-siap maw packing peralatan maen bola nya untuk dibawa ke kantor hari Jumat, supaya dia bisa langsung maen bola sepulang kantor.

Tiba-tiba Phonebob (nama HP gue) berdering, “Halo?”

“May! Besok mau nonton Glenn ga? Gue ada tiket gratis nih!”

OMAIGATTT!!! Gue teriak lah “MAU LAH! MENURUT LO!!!” pake nada nggak santai. Ternyata temennya temen gue ini kenal sama promotor nya Glenn jadi tiket gratis pun bertebaran. (Emang yah orang Indo paling sering begini. :D)

Gila emang si Bandi hoki nya luar biasa! Batal deh dia main bola, jadinya nonton konser Glenn Fredly. =)

Nostalgila deh kita :)

Nostalgila deh kita :)

Di konser itu pula gue ketemu Erlia (mamanya Dex dan Sheldon) secara kebetulan. Hihihi. Nggak sempet photo karena gue kebelet pipis. Tapi semoga nanti kita bisa meet-up lagi di rumah Dex yah. Horeee!

Kembali ke posting-an Path yang di komen-in temen gue… Gue post kalau gue nonton Glenn gratis, terus dia bilang “kok lo dapet gratisan melulu sih akhir-akhir ini?” sambil dilanjuti makian-makian sirik gitu.

Disitulah gue sadar. Hidup gue pas-pas-an! Pas gue mau nonton nyaman, gue punya voucher movie, disaat mau nonton Glenn, dapet tiket gratis.

Ternyata hidup enak itu nggak perlu duit, cuma perlu hoki dan temen-temen yang baik. =)

Gue jadi inget masa-masa kuliah dulu. Tau nggak sih, duit jajan gue itu cuma 100ribu seminggu! Tapi setiap hari gue maen terus udah macam Paris Hilton aja. Nonton konser gratis (pasti ada aja yang punya tiket gratis), nggak ada duit buat dugem setel lagu di kamar trus nyalain senter digoyang-goyang, nonton bioskop bayar 50% (dulu nonton cuma 7rb perak cuy!) Akhir bulan nggak ada duit tiba-tiba Bokapnya temen gue nraktir makan Buffet, pokoknya life’s good. Pas mau apa yah ada.

Gue juga jadi inget kejadian gue pindah ke Singapore. Pas gue lagi desperate cari kerja, pas temen gue kasih koran lama dan gue apply ke kerjaan yang recruitment nya udah tutup. Eh sorenya gue langsung ditelepon, ternyata posisi yang udah diisi itu kosong lagi karena si cewek ini kena pecat dan resume gue tba-tiba nongol hari itu.

Gue juga jadi inget waktu gue kehujanan naik motor di Jakarta terus tiba-tiba ban gue pecah dan gue kagak ada duit buat nambel eh ada Bapak-bapak bayarin tambal ban gue.

Hidup itu nggak perlu punya yang lebay-lebay. Yang penting cukup. Yang penting pas butuh apa yah pas ada. =)

Jadi goal gue untuk tahun depan, semoga pas gue mau pindah kerja, pas gue dapetnya yaaaa. Hear hear Universe!

Setelah drama wedding preparation gue yang penuh air mata, akhirya hari ini gue bisa kembali have a peace of mind lagi. I feel good after writing this post.

Cheers,

May, yang otaknya lagi bener.

65 thoughts on “Hidup pas-pas-an

  1. Hahahahhaaa setuju! Hidup pas-pas an dan mensyukuri apa yang dipunya penting, dan kadang tanpa sadar dapet sendiri hahaha
    Tapi Bandi mirip eyke tuh, mungkin gue lebih parah sih, soalnya hobinya ngekepin duid hahahaha :D

  2. Hahaha… hidup itu emang enak kalo pas-pasan… pas laper ada yang traktir… hihihi… emang bener sih harus punya simpanan juga, tapi harus juga having fun dong… jadi ya gitu, diseimbangkan saja….

  3. Kenapa pake drama-drama segala bo wedding preps eluuuuu huhuhuhu…. May, kan ada kekuatan dari universe juga yang ngebantuin kita. Kalo kita kepingin banget, dan kalo orang Indo bilang “Itu rejekinya kita”, kalo emang udah rejeki ya emang gak ke mana.

    Gue juga ngefans banget sama Glenn. Lagu Kisah Romantis itu adalah lagu pertama yang dinyanyiin wedding band sehabis gue first dance (kebetulan first dance yang nyanyi adik gue). Jadi ya itu lagu senang2nya setelah abis “lulus” first dance hihi.

    • Drama wedding prep gue itu nggak bisa gue curhatin disiniiii habis bawa2 keluarga le. HUWAAAAAAAAAAAA *nangis lagi*

      Ih ih berarti kita sama2 tersipu2 gitu sama lagu Glenn, toss dulu dong ah!

  4. You’re so luckyy may :) Aku ngerti bgt sih itu yg dirasain sm Bandi, aku sendiri rasanya kl tabungan di bank udah menyentuh angka minim jadi was was ga jelas. cemas mikirin kl nanti gini gimana, kalo nanti ada apa2 gimana kl duitnya tinggal segitu atau bahkan kl ga ada uang sm sekali. sedangkan km mirip sm lakiku, lebih santai kl berhubungan dgn uang.
    Tapi yaa, aku pribadi jadi ngerasa bs lebih santai masalah uang karna punya pasangan yang kayak gitu. Coba kl dua2nya sama2 pusing mikirin masalah uang yg ada idupnya ga tenang mulu. Hahaha *jadi curhat*

  5. Nama tengah lo emang seharusnya LUCKY!
    Dari dulu tiap gw baca post di sini pasti ada bagian “beruntungnya”. Keren keren…
    Btw, bahasa Indonesia lo masih bagus, buktinya lo bisa aja ngeluarin kata “tembang-tembang” hahahahahaha…

    • Yah kan sebagai orang indo harus dengerin kata2 mutiara jaman dulu, “Untungnya…” abis jatuh, “Untungnya cuma luka satu kaki, bukan dua2nya.” atau “untungnya cuma kemalingan, badan gak kenapa2.” Hahaha.
      Iyah gue masih aja inget kata “tembang”, vintage abis kan tuh

  6. wakaakkakkaa…gue setuju banget ama yg ini May,…dan balada duit kita sama nih antara gue dan pacar…hahahahha….tapi itu lah yg namanya saling mengimbangi dan mengisi yah,…

  7. Berasa sing nya keluar tiap ada kata “Lah” :p

    Pas butuh pas ada. Bener banget sih ini, pasti kalo udah rejeki kita akan dapat juga meski saat itu duit kurang atau ga ada..

    Ehh iya, ada drama yah May diwedprep lo.. Gpp.. Lu kan orangnya positive banget, jadi gw yakin pasti lu ngambil suatu pelajaran dibalik itu kan :D Semangatt terus yah May.. Pokoknya bakal sukses deh persiapan sampe hari H dan setelahnya.. Amin..

    • Hahaha iya juga yah. Tapi ngomong Indo juga masih pake “lah” kok py. Hihihhi.
      Ahhhhh makasih banget lo bilang gue positif gue terharuuuuuuuuuu *mulai lebay*.
      Py, gue itu di kehidupan aslinya annoying banget, pasti temen2 gue ngakak kalo tau gue dibilang positif. :p

      • wkwk… numpang ngakak… gue jadi inget jaman kita mau nonton bultang indo lawan cina May. Sayang gagal ya dan berakhir teriak2 bareng di rumah gue.. Walo gagal, malah momennya itu tak tergantikan mungkin.. :D

  8. iyessss, kalian full of hoki pisaaannn, May. Bagi dikit siniiii.. :D
    okay, jadi sekarang aku nunggu postingan drama prewed kalian. Biar adil, jangan yang enak2 mulu, kakaaakkk… *evil smile* :lol:

  9. menurut gw elo kaga hoki sih may, tapi emang elu baik sama orang-orang jadinya banyak yang care. ato klo kata hukum karma, benih yang lo tanem ud cihuy jadi buahnya manis gituu..

    • Aiiiisssshhh sedaaaaaaaapp kata-kata lo tan! Mesti gue print screen terus gue tunjukin ke semua orang! Bwahahaha!
      Ih sotoy lo tan, tau dari mana gue baik. Gue nggak baik kok, gue baik banget. XD

  10. hahaha … tepuk tangan buat semua barang2 gratisan!!
    intinya Tuhan tau lha kalo emang orang hatinya bae pasti dikasih jalan ..
    btw, gw baru aja kepikiran mau nulis something similar like this haha terus baca postingan loe .. hihihi
    eniwei, gw juga baru bangkrut! hahahaha …

  11. Selain hoki kalian berdua gede gw lihat sih loe itu pekerja keras yang ada aksi bukannya ngomong doang, good balance antara expectation & reality cause you know what you really want and how you can get it, what you must sacrifice. Good attitude towards life dan bukan hanya di finance aja. Well done May!

  12. halah konser Glenn yang di Unpar pasti gratisan *prasangka buruk ihihi* Sebenernya kau ngerasa pas-pasan itu karena kau menikmati aja apa yang ada dan kau alami ya, May. Lucky itu temenan sama orng yg begitu, biasanya hahaha.Baca ini kok aku jadi inget dan ngebayangin Bandi yang beda 180 derajat sama kau, masih inget yg dia bilang he can be impulsive but he has to think about that itu loh, hahahahhaha

  13. Hoki banget May! hahaha. You are so lucky. Tapi gue rasa lo anaknya apa aja dibawa happy ya May. Dan nikmatin apa yg loe punya.

    Gila gue sama suami kayaknya kebalikan loe sama Bandi deh, gw yg parno sm duit & mikirnya nabung mulu trus kalo duit di bank rada tiris gt gue keringet dingin. Kayaknya bawaan anak rantau dulu kali ya, takut di deportasi gada duit di bank hahaha! Kalo suami gue ya salaaamm ama duit kayaknya rileks bener, ga pusing. Biar kata orang orang belanda medit, cm suami gue jauh bgt dr medit.

    Kayaknya pas kita nikah dia baru ngerasa ooohh…punya tabungan itu enak juga ya? Parah. Untung skrg kita ketemu tengah nya. Gue ga parno bgt sm yg namanya bokek, dan dia jg belajar nabung. Walau kadang masih aja suka buang2 duit (suka beli take away…mamaahh take away di Amsterdam mahal!) tp udah lumayan lah kadarnya :)

  14. Aaaahh!!! gw tau tu rasanya punya tabungan dibawah x amount, yang akhirnya kena admin charge!! Sialan yeee… duit udah dikit, malah kena admin fee gitu.
    Kok lo hoki banget sih mei? Gw kok ga pernah ya dapet yang free-free gitu… Mulai dari tiket nonton konser, sampe GA di blog2 gitu, ga ada yang pernah menang. Salah satu keberuntungan gw: bisa berteman sama lo, cihiiiyy!!!! *gombal*

  15. Hallo May :-)

    Wah, postingan ini benar-benar pas banget kayak keadaan aku sekarang. Dan aku juga tipe Bandi banget yang harus ada saldo minimal di tabunganku..Dan kalo saldo udah di ambang batas saldo minimal, rasanya tuh deg-degan banget :(

    Semoga aku bisa seberuntung May dan Bandi yang selalu bisa “pas-pasan” dalam hidup :-) Pas mau or butuh sesuatu, pas kita dapetin hal tersebut..Aamiin :-)

  16. hahaha ngakak abis gw baca ini May…you’re a lucky girl! hihihi^_^ Urusan duit sih, gw lbh mirip kyk Bandi deh, harus ada minimum emergency fund…mgkn krn sama2 Virgo ya…*lho?* haha, dihubung2in:p

  17. Eh gue kok punya prinsip sama ya kayak lo, nggak terlalu mikirin duit banget. Tapi Diaz sama kayak Bandi, punya ketakutan terbesar gak bisa ngidupin keluarganya. Maybe it’s a guy thing?

    But you are one lucky girl!

    • Well I don’t think it’s a guy thing karena banyak juga cowok yang ga terlalu mikirin duit.
      But i guess we’re both lucky because we’ve found the ones who give us balance :)

  18. May!!! Glad to see you back to your cheerful self! Yg bagian lo nulis antara kasih liat cewek telanjang or main bola somehow bikin gw ngakak banget! Hahahaha.. Eh yg kmrn konser Glen Fredly itu memang ditawar2in tiket gratis sama tmn2 koor gitu.. Gw nya aja yg ga tau Glen dan lagu2nya jd gw diemin aja. Should’ve spread the news to my indo friends i guess.. Hahahaha.. Well, stay lucky my friend! ;)

  19. hai may…salam kenal…
    btw, kita dilamar pake lagu yg sama, en kata-katanya emg menyentuh abis yaaa…hehehehehe

    iyah enak banget pas lg mw ada ajah, emg klo rejeki mah g kemana deh…

  20. May … pas2 an nya enak banget …. mirip2 deh tu ma doa gw ma Tuhan .. semoga berkecukupan hehehe .. cukup buat traveling, cukup buat sekolahin anak, cukup….cukup.. cukup hahahaha

  21. waaaaaa may! asik banget bisa nonton glenn! gua terobsesi mendatangkan glenn ke kawinan gua, tapi ga kesampean hahahaha, soalnya gua ngefans berat ama glenn….

    kadang gua juga suka hoki loh… sering menang kuis tiket nonton, menang undian, menang giveaway, menang lempar bunga juga gua pernah hahahaha… cuma menang duit aja yg ga pernah…

  22. HAHAHA si Bandi bener2 cina sejati ya. Anw, utin juga punya pemikiran yg mirip2 lo, hidup asal pas aja.. walo dia masih concern dengan nabung dsb sih.. (kalo gw mah ngikut2 aja yak, tapi biasa gw lebih concern sama tabungan sih dibanding dia hahaha). dan somehow ya, utin juga kaya lo, banyak diberkati dengan banyak gratisan dan ‘kebetulan’.. trus gw jadi mikir ya, mungkin kalo kita terlalu worry sama uang, yg ada kita makin kehilangan uang, tapi kalo kita belajar let go, kita bisa dapet lebih banyak… kaya prinsip pegang pasir di tangan gitu deh *cielah . hahaha.
    btw, ASIK BANGET SIH LO DAPET TIKET GRATISAN GLENN SAMA GOLD CLASS!! haha

  23. Whoaaaa…
    dapet tiket gratisan ituh emang berjuta rasanya yah Maaaay!
    Gue pernah dapet tiket gratis fan meeting ketemu Lee Min Ho berikut poto bareng, dan pengen pingsan rasanya…hihihi..

    Dan pemikiran gue persiiis kayak lo dulu…gak pernah dibawa pusing masalah duit..
    Masa iya sih gue bakalan kelaparan ketimbang gak punya duit doang…

    Sampaaaaai…sampaaai…
    Gue punya anak…hihihi…
    Setelah dikasih tanggung jawab 2 bocah ituh…susaaaah banget buat ngerasa santai kalo gak punya duit May…tapi itu mah pengalaman gue lho yaaaah…
    Mudah2an dirimu mah kagak kayak gitu yaaaaah :)

  24. hahaha.. artinya hidup lu di sayang Tuhan, May! hahaha..
    gw juga orng yg kyk elo, yg ga gt mikirin duid.. tapi lately gw jadi kepikiran ttng hal2 ini.. *seperti tabungan minimum.nya si bandi* hahaha..
    gw rasa lingkungan mempengaruhi pola pikir juga si yahh kdangg.. jadi emang bagus kalo bergaul sama yg ga terlalu extreme spender or saver. hahaha..

  25. Udah lama pengen punya moto kayak gitu, pas mau ini eh ada, mau itu ada… Cuma kalau di idupku susah di terapin… Huhuhu… Hokinya beda sm ci May,,,, u’re so lucky…. >.<
    Walaupun blm pernah ngerasain, cm bisa bayangin senengnya lebih dari seneng yg biasanya pastiiiiii……..

Leave a Reply

